I have once heard people said that Allah will surely answer our prays, and pay back our patients and sincerity at (His) best time.

I had always believed that and patiently waiting for that time to come. Not without doing nothing, I do anything as best as I could in the meantime.

However, after all these time, I dunno how to keep the patients, hope, and courage still alive. My mind and heart have been tired. Numbness. Feelingless.

I’ve been there. Should it be happened again? For how many time do I have to get through these before He accepts and answers my prayers?

 

Tuhan itu (tidak) adil.

Pada hari itu semua makhluk, tidak terkecuali seekor semut, dikumpulkan oleh Tuhan pada suatu padang yang saangaat luas untuk dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah masing-masing lakukan selama hidup dan diputuskan perkara atasnya sekalian. Makhluk yang taat dan menjalankan perintah Tuhan mendapat hadiah surga dan kekal abadi di dalamnya, dan sebaliknya, makhluk yang tidak taat mendapat ganjaran neraka. Mereka kemudian berjalan menuju nasibnya masing-masing sesuai dengan keputusan Tuhan, terkecuali tiga golongan : si buta, si gila, dan si lepra, yang merasa Tuhan tidak adil.
Read More »

Sang Marginal.

Hey kamu, apa kabar?🙂

Mohon maaf telah mengabaikan mu dalam waktu yang cukup tidak sebentar. Masih seperti yang dulu ka(h)n? Kamu yang selalu disitu, tidak peduli bagaimanapun perlakuan yang kamu dapat. Kamu yang tidak pernah mengeluh meskipun jangankan disentuh, disapa pun tidak. Kamu yang tidak pernah protes ketika tidak dianggap dan diabaikan begitu saja. Kamu yang selalu menyambutku dengan senyum dan peluk erat ketika aku pulang sesukanya atau setelah sekian lama. Kamu yang tetap menerimaku apa adanya.

Sesungguhnya dari mu-lah aku belajar mencintai Dia. Read More »

Tigger, si harimau kecil

Batu keras kayak batu kalau lama-lama ditetesin air juga akan lunak terus pecah.

Ga pernah kebayang saya bisa sampai segitunya, sebegitunya-banget, saat kehilangan kucing. Kucing??? Iya! Sejenis kucing, makhluk yang sebelumnya amat sangat ga dipedulikan, disebelin, diomelin, diusir-usir. Apalagi saya pernah menuliskan bahwa saya termasuk dog-type person dengan membanding-bandingkan keduanya. Tapi dia bukan hanya kucing, dia Tigger.

Apalah daya, Tigger hadir dan mengubah segalanya….menjadi lebih indah…(halah, malah jadi lirik lagu xp).
Read More »

Merak Tanpa Judul

Anda tahu kan burung merak. Iya, sejenis burung yang tidak bisa terbang (eh, bisa ga sih? ;p) yang kalau berjalan melenggak-lenggok itu. Pasti bayangan di pikiran yaitu unggas yg berbulu dominan hijau keemasan dengan motif berwana cantik dengan ekor yang bisa mekar indah banget, Iya apa iya?

Tapi tahukah anda. Bahwa burung merak yang ada dalam imajinasi pikir anda saat ini tidaklah semuanya benar. Pertama, ga selalu benar, karena spesies merak yang masih ada di dunia ini ternyata warna nya ga cuma hijau keemasan, tapi ada juga merak putih dan merak biru. Cuma memang di Indonesia jenis meraknya kebetulan yang hijau. Kedua, burung merak cantik yang sedang melenggak-lenggok dipikiran itu hanya lah yang berjenis kelamin pria. Pasalnya burung merak wanita tidaklah seperti yang dibayangkan. Merak betina tubuhnya lebih kecil dengan warna yang lebih kusam kelabu tidak mengkilap dan juga tidak lebih cantik dibanding yang jantan.

Berbeda dengan spesies manusia. Sifat cantik pada manusia identik dengan kaum wanita. Namun ‘cantik’ dalam bangsa merak itu sebenarnya sifat dari para pejantan. Jadi kalau kamu pria dan sebangsa merak, jangan tersinggung kalau dibilang ‘how cute and pretty and very beautiful’. Read More »

[Reblog] Days before 2014 Election. Just for reminding.

Pak Prabowo, Kami Memilih Anda, Tapi..

oleh Salim A. Fillah dalam Rajutan Makna. 05/07/2014

Pak Prabowo, kami memilih Anda, tapi..

Tapi sungguh orang yang jauh lebih mulia daripada kita semua, Abu Bakr Ash Shiddiq, pernah mengatakan, “Saya telah dipilih untuk memimpin kalian, padahal saya bukanlah orang yang terbaik di antara kalian. Kalau saya berlaku baik, bantulah saya. Dan kalau anda sekalian melihat saya salah, maka luruskanlah.”

Maka yang kami harapkan pertama kali dari Anda, Pak Prabowo, adalah sebuah kesadaran bahwa Anda bukan pahlawan tunggal dalam masa depan negeri ini. Barangkali memang pendukung Anda ada yang menganggap Andalah orang terbaik. Tetapi sebagian yang lain hanya menganggap Anda adalah sosok yang sedang tepat untuk saat ini. Sebagian yang lainnya lagi menganggap Anda adalah “yang lebih ringan di antara dua madharat”.

Tentu saja, mereka yang tidak memiliih Anda menganggap Anda bukan yang terbaik, tidak tepat, dan juga berbahaya.

Read More »

Makhluk Kecil Itu Bernama Adila!

December 2nd, 24 years ago…….

Di sebuah bed persis di pinggir jendela sebuah ruang bersalin di lantai 3 suatu Rumah Sakit Umum Pusat ibukota, sepasang suami-istri sedang gelisah menunggu hadirnya seorang manusia baru lagi yang akan hadir ke dunia. Manusia yang akan keluar dari rahim sang istri. Manusia yang sudah dinantikan kehadirannya jauh-jauh hari sebelumnya. Seperti apa bentuknya, bagaimana rupanya, bagaimana keadaannya, laki-laki atau perempuan, gemuk-kurus, berambut lebat-botak, dan lain sebagainya. Saking banyaknya pikiran dan pertanyaan yang berenang-renang di kedua otak suami-istri tersebut, sampai akhirnya mereka tawakal dan fokus pada satu hal: yang penting ibu dan anak SELAMAT dan SEHAT. Amin.

Sekitar pukul 14:30 WIB makhluk mungil imut-imut itu hadir dan mulai menghirup oksigen dunia sambil teriak-teriak menangis. Setelah sekitar 40 minggu ‘hidup’ dalam lingkungan rahim dan berenang-renang dalam air ketuban, dimulai lah episode kehidupan

Read More »

MEDICINE: SCIENCE OR ART?

ImageMedicine is science and art”. Filosofi ini diajarkan kepada semua dokter sewaktu masih menempuh pendidikan kedokteran di bangku kuliah. Science dalam konteks bahwa ia sebagai suatu disiplin ilmu yang dijabarkan dengan paradigma science secara umum, mengikuti alur berpikir logik dan analitik. Ia menganut pola pikir ‘Newtonian’ dalam arti luas. Jika ada aksi, maka ada reaksi. Jika nyeri, maka berikan anti nyeri. Terlihat sangat sederhana, tapi sebenarnya tidak sesederhana itu. Banyak sekali wilayah yang belum terjelaskan oleh alur pikir science yang ada. Banyak yang masih samar bahkan gelap dalam bidang ilmu yang objek utamanya adalah manusia ini. Karena itu dia butuh Art atau seni tersendiri untuk bisa dioperasionalkan dengan harmonis. Seni untuk tetap bisa eksis ‘menjinakkan wilayah gelap fisiologis manusia’ agar tujuan pengobatan bisa berjalan baik.

Manusia terlalu kompleks untuk disederhanakan dengan persamaan matematis. Bahkan metode penelitian empiris yang ada hanya bisa melihat manusia secara terpisah, tidak dalam keadaan utuh. Melihat sel tanpa mengikutkan jiwa sel pada saat bersamaan.
Read More »

Dokter Internship Nyambi Guru SD (sehari).

11/06/2013 — Saya bengong dengar teriakan semangat para siswa SD N 3 Kayubihi, Bangli, Bali, tempat saya menjadi relawan pendidikan ini (semangat sekali mereka bersekolah hari ini?). Sudah tidak soal lagi siapa menginspirasi siapa karena hari ini setiap orang—guru, siswa, relawan, staf sekolah, orang tua siswa, dan tim KIB—dengan perannya masing-masing, mampu saling menginspirasi dan membuka mata yang mungkin selama ini “tertutup”. Tertutup oleh kepentingan pribadi, golongan, adat, kepercayaan, dan lain sebagainya. Hari ini, setidaknya tangan yang terpangku itu tidak lagi terlipat dan mulai turun memberikan manfaat. Sadar akan pentingnya pendidikan sebagai modal dasar dan utama kebangkitan bangsa, berhak dienyam oleh semua anak dimanapun di negeri ini,  dan merupakan tanggung jawab bersama setiap warga negara terdidik. Tidak soal siapa kamu dan apa profesimu. x               Baru satu bulan (dari satu tahun masa tugas) saya di Bali, hati seketika membelalak ketika secara tidak sengaja membaca informasi dibukanya rekruitmen relawan pendidikan Kelas Inspirasi Bali (KIB) melalui sebuah media sosial. KIB sendiri merupakan suatu gerakan untuk menghimpun para profesional yang peduli pada misi pengembangan pendidikan di Indonesia. Dan Bangli menjadi kota pertama di Bali yang mengadakan Kelas Inspirasi ini (termasuk periode ke-2 di Indonesia).

Passion yang lebih untuk pendidikan dan kesehatan? Iya sih..makanya jadi semangat banget ikut kegiatan kayak gini. Read More »

Confession in Early Ramadhan

 10/07/2013 — Ra993898_662531313775118_1483937158_nmadhan 1434 H Day 2. Setidaknya, buat saya yang udah menjalani puasa wajib di bulan suci sejak hari kemarin (sebagian besar WNI/WNA muslim mungkin baru mulai puasa hari ini). Jangan tanya kenapa yaa hehe. Kalaupun maksa tetap nanya kenapa beda mulai puasanya, yah, jawabannya simpel, ikut kata hati. Sudah, jangan tanya lebih lanjut ya (siapa juga yang nanya dil? :p)

Saya cuma pengen confession mengenai sesuatu yang terjadi hari ini aja sih sebenarnya. Bukan, bukan tentang perasaan, Read More »

Menjemput Ombak, Kemudian Bhlurrphbrphlurphh!

Image
White sand beach, Karangasem, Bali

Ombak datang!! Saat ombak lebih besar dari biasanya datang, pecah benar-benar sesaat sebelum sampai kepadamu. Ga bisa kabur dan berbuat apa-apa. Kemudian, Byurrbluphpblprphjhhbrlrlppp. Walaupun dengan kacamamata renang terpasang semestinya, ga ada yang bisa menjernihkan pandangan yang hanya air campur pasir diaduk rata dengan kekuatan ombak mendorong dan menarik semaunya. Kebisaan berenang pun ga guna dibanding tenaga ombak yang sedang aktif-aktifnya. Tidak terhitung berapa mili atau liter air yang masuk ke esofagus dan nasofaring secara bersamaan. Asin. Perih. Dan tau tau saya sudah ngelongsor aja di bibir pantai yang kalau dilihat dari atas layaknya orang terdampar. Begini ya rasanya adegan-adegan digulung ombak yang beberapa kali saya lihat lewat film itu. Read More »